breaking news

Bupati Paniai : 100 Ton Beras Bagi Warga Korban Bencana Alam

September 11th, 2017 | by Humas Paniai
Bupati Paniai : 100 Ton Beras Bagi Warga Korban Bencana Alam
Berita

HUMAS PANIAI, Enarotali – Pemerintah kabupaten Paniai, Papua memberikan bantuan beras bagi korban bencana Banjir dan luapan air danau sebanyak 100 ton. Bantuan untuk tahap pertama diberikan kepada masyarakat korban bencana sedikitnya 51 ton beras bulog.

Mengantisipasi gagal panen akibat bencana banjir dan luapan air danau Paniai yang menyebabkan ratusan hektar kebun warga rusak digenangi air kurang lebih hampir dua bulan lamanya di daerah ini, pemerintah kabupaten Paniai menyediakan 100 ton beras bagi warga korban bencana alam.

Bupati Paniai. Dr. Hengki Kayame mengatakan bantuan beras kepada warga korban bencana diberikan guna mengantisipasinya gagal panen seperti Petatas dan Keladi di kebun warga yang telah rusak dan tak layak dikonsumsi lagi akibat digenangi air.

Kata Bupati Kayame, bantuan beras ini diberikan agar adanya cadangan pangan bagi warga korban pasca bencana banjir dan luapan danau yang menimpa seantero wilayah kabupaten Paniai dari Juni hingga Agustus 2017. Hal ini disampaikan orang nomor atu Paniai usai ibadah mingguan di Gereja Kingmi jemaat Eklesia Enarotali.

Bantuan beras diberikan Pemkab Paniai melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD Paniai di kantor tersebut pada hari Senin dan Selasa, 4-5 September 2017.

Kepala BPBD Paniai Nahum Tebai mengatakan, untuk tahap pertama ini diberikan 51 ton beras atau 5.100 sak beras. Kata dia, terlebih dulu batuan diberikan kepada warga yang terkena parah bencana banjir dan luapan air danau Paniai. Seperti di distrik Ekadide dan Topiyai. Kemudian menyusul Wegebino, Teluk Deya, Yagai Deiyai Miyo dan di distrik Paniai Timur.

Bantuan beras yang diberikan Pemkab Paniai ini tak merata kata Nahum, pembagian beras bulog tersebut di bagi sesuai tingkat parah bencana yang dialami warga korban, seperti di distrik Ekadide dan Topiyai diberikan 7 dan 6 ton beras.

Ada juga di beberapa wilayah distrik diberikan 2,3,4 dan 5 ton beras seperti di distrik Wegebino, Teluk Deya Deiyai Miyo, dan Paniai Timur.

Dijelaskan, dan itu semua diberikan tergantung tinggkat parah bencana yang dialami warga korban pasca Bencana Banjir dan Luapan Air Danau Paniai. Dan bagi yang lainnya diberikan bantuan rata rata 1 ton beras.

Sementara untuk 49 ton beras lainnya, sisa dari dari 100 ton yang disediakan Pemkab Paniai, pihaknya akan menyalurkan di waktu mendatang. Hal ini dilakukan mengingat ketersediaan pangan warga yang hancur akibat bencana banjir dan luapan danau Paniai beberapa bulan kedepan. (NP)

Komentar