breaking news

Lumpuh Total Aktivitas Publik di Distrik Topiyai Paniai

Agustus 14th, 2017 | by Humas Paniai
Lumpuh Total Aktivitas Publik di Distrik Topiyai Paniai
Berita

HUMAS PANIAI, Enarotali – fasilitas Layanan Umum seperti Sekolah, Kantor, Jalan, Puskesmas dan Gereja lumpuh total di Distrik Topiyai, Paniai. Hal ini disebabkan banjir kali Eka yang terus menerus terjadi di wilayah itu menggenangi semua layanan public. Hal ini disampaikan Kepala Distrik Topiyai. Beni Degei saat bertemu http://humas.paniai.go.id/ di Enarotali.

Kadistrik Benni mengatakan, wilayah yang dipimpinnya itu hingga kini lumpuh total kurang lebih hampir sebulan lamanya. Kata dia, Warga di distrik Topiyai tak beraktifitas sama sekali karena semua fasilitas public di genagi air. (09/08)

Sebelumnya, curah hujan yang cukup tinggi mengguyur wilayah distrik Topiyai di kabupaten Paniai kurang lebih hampir 2 bulan. Hal ini menyebabkan banjir dari kepala air kali Eka menggenangi layanan fasilitas public di wilaya distrik tersebut.

“Distrik Topiyai sedang tenggelam, dan 2 Gereja yaitu Gereja Kingmi dan Katolik sudah tergengan air, diatas lantai itu sudah tergenang sampai satu meter lebih. Jalan raya yang dibangun PT Moderen ini sudah tenggelam sampe 2 meter lebih. 2 SD sudah tenggelam, SD Impres Eyakitaida dan Puskesmas sudah tenggelam adalah Puskesmas Obaipugaida”.

Kepala Distrik Topiyai Benni Degei menambahkan, banjir juga tak hanya menggenangi fasilitas layanan public namun juga, menggenangi ratusan rumah warga serta kebun dan ternak hancur akibat bencana alam ini.

Dia meminta dan sangat berharap sekali kepada Pemerintah Kabupaten Paniai, Propinsi Papua dan Pusat agar dapat Partisipatif dan peduli akan bencana Alam yang menimpa wialyahyang dipimpinnya itu.

Akibat curah hujan yang cukup tinggi diseantero wilayah kabupaten Paniai kurang di Juni hingga Juli 2017 mengakibatkan banjir serta luapan air danau Paniai. Banjir dan meluapnya Danau Panai ini menggenangi ratusan rumah dan kebun warga di seluruh tepian danau Paniai.

Hingga berita ini diturunkan, intensitas hujan masih saja terjadi di kabupaten Paniai namun, tidak selebat di dua bulan tersebut. (NP)

Komentar