breaking news

Dipasok dari Nabire, Harga Ikan di Paniai naik 40 persen

Juli 20th, 2017 | by Humas Paniai
Dipasok dari Nabire, Harga Ikan di Paniai naik 40 persen
Ekonomi

HUMAS PANIAI, Enarotali – Harga jual ikan laut di pasar tradisional Enarotali, milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paniai mengalami kenaikan cukup signifikan. Kenaikan terjadi sejak akhir tahun lalu karena ikan laut tersebut dipasok dari Kabupaten Nabire melalui jalan darat 250 km.

Ny. Rosmiati (31) pedagang ikan di Pasar Enarotali menyebutkan, jenis ikan yang mengalami kenaikan adalah ikan ukuran kecil yang sehari-hari menjadi konsumsi masyarakat, seperti ikan dencis (sardine), kembung, kakap, dan udang.

“Ikan dencis naik dari Rp25 ribu menjadi Rp50 ribu per kilogram,sedangkan ikan kembung dari Rp50 ribu menjadi Rp70 ribu,” kata Ny. Rosmiati kepada Jubi, Kamis, (8/6/2017).

Sementara untuk ikan kakap, menurutnya, harganya naik dari Rp100 ribu menjadi Rp150 ribu per kilogram. Udang juga mengalami kenaikan menjadi Rp150 ribu per kilogram.

“Secara keseluruhan ada kenaikan harga sekitar 40 persen,” lanjutnya.

Hal senada juga dikatakan pedagang ikan lain, Istiyah (27). Menurutnya, kenaikan harga ikan laut ini dipicu kenaikan harga dari pemasok ikan di Nabire.

“Ikan laut di Paniai ini didatang dari Nabire melalui jalur darat, jadi harganya naik sampai 30-40 persen, dari pemasok yang menaikkan, memang kondisi ini terjadi setiap tahun,” tukasnya.

Sementara, Siprianus, pembeli ikan mengatakan lebih baik membeli ikan Danau Paniai ketimbang ikan laut yang didatangkan dari daerah lain. Sebab, baginya ikan laut disimpan dalam lemari es berbulan-bulan, bahkan harganya membengkak.

“Ikan danau ini kan langsung tangkap, langsung jual, lebih baik kita beli ikan danau, kalau ikan laut satu ekor sudah Rp100 ribu, wah kita yang anggota keluarga banyak tidak bisa penuhi,” ujarnya usai membeli ikan danau di Pasar Enarotali. (Abeth You)

Sumber :

http://tabloidjubi.com

Komentar