breaking news

Sopir Madi-Waghete bisa kantongi Rp 800 ribu sehari

Juli 20th, 2017 | by Humas Paniai
Sopir Madi-Waghete bisa kantongi Rp 800 ribu sehari
Ekonomi

HUMAS PANIAI, Madi – Angkutan umum tujuan Madi, Paniai ke Waghete, Deiyai (pergi-pulang) yang mengantarkan penumpang tiap hari bisa mendapatkan uang melebihi batas. Namun, itupun sering terjadi pada hari tertentu seperti Senin hingga Jumat.

“Saya biasa pulang pergi Madi ke Waghete sehari tiga kali, kadang antrean, kadang ambil penumpang di jalan, ya, sehari saya bisa dapatkan Rp800 ribu, satu penumpang Rp40 ribu,” cerita Amir, sopir jurusan Madi-Waghete kepada Jubi, Rabu (14/6/2016).

Ia telah beroperasi selama empat tahun. Namun, sebelumnya ia mencari penumpang di Arela Kota Enarotali dan Madi.

“Cuma mobil ini punya orang, jadi biasa setor sama pemiliknya, setor tiap bulan (bulanan),” katanya.

Ia mengatakan, dulu jika ke Waghete langsung dari Enaro dan tariff satu penumpang Rp50 ribu. Tapi sekarang dari Madi jadi Rp40 ribu.

“Tapi kami juga rajin bayar iuran sama petugas dari Dinas Perhubungan Paniai, itu karena kami punya kode untuk rutenya,” ungkapnya.

Ia mengaku, kondisi jalan sudah aman. Hanya warga sering salah berdiri atau duduk di pinggir jalan seperti di kampung Pugo I dan Pugo II, serta Keniyapa hingga Watiyai.

“Kami tidak ngebut (balap) tapi kami biasa bingung karena warga di kampung yang saya sebutkan ini mereka tidak tahu berdiri atau duduk di pinggiran jalan,” imbuhnya.

Baginya, sopir adalah pekerjaan mulia yang biasa antarkan orang ke tempat tujuan. Sopir yang menggunakan Toyota Avanza ini mengaku tujuan utamanya bukan mencari uang, tapi melayani penumpang dengan tulus.

Sopir lainnya, Jacob mengaku biasanya mendapatkan Rp400 ribu tiap hari. Uang itu dibagi untuk membeli beberapa keperluannya.

“Yang biasa saya beli itu bensin, terus untuk keperluan ruamh tangga, tapi, tetap nabung untuk masa depan kami, terutama anak-anak,” jelasnya. (Abeth You)

Sumber :

http://tabloidjubi.com

Komentar