breaking news

Tak ada jaringan 4G, empat warnet di Enarotali dibanjiri pengunjung

Juli 20th, 2017 | by Humas Paniai
Tak ada jaringan 4G, empat warnet di Enarotali dibanjiri pengunjung
Ekonomi

HUMAS PANIAI, Enarotali – Di Kabupaten Paniai hingga saat ini tidak ada jaringan Telkomsel 3G, apalagi 4G. Untuk mengakses internet di smartphone sulit dilakukan warga setempat. Hal itu bukan baru lagi, namun sejak hadirnya Telkomsel, jaringan sering timbul- tenggelam.

Karena itu, warga Paniai yang ingin mengetahui informasi yang sedang terjadi di Papua bahkan dunia biasanya mengunjungi empat warung internet (Warnet) yang ada di Enarotali, di antaranya Camer.Net di depan SMP YPPGI Enarotali, Semeru.Net, Cenderawasih.Net dan Camar.Net di depan Bandara Udara Enarotali.

Pengunjung Semeru.Net, Natan (35) mengatakan, tiap hari mengeluarkan Rp100 ribu untuk membeli vocher wi-fi untuk akses internet di laptopnya dan smarphone untuk buka messenger, whatsapp, telegram, dan media sosial lainnya.

“Memang di Paniai masih 2G, tidak ada 3G, apalagi 4G, jadi satu-satunya kita mau akses ya ke warnet yang menyediakan voucher wi-fi, jadi kalau saya sehari keluarkan Rp100 ribu, tambah lagi kopi itu lebih mahal lagi,” cerita Natan kepada Jubi, Kamis (15/6/2017).

Dikatakan, Paniai sudah menjadi kabupaten tersendiri dari Nabire sejak 20 tahun lalu. Namun segala bidang masih jalan di tempat. Apalagi, sinyal Telkomsel ini kepentingan khalayak umum yang mesti disediakan.

Terpisah, pemilik Hotspot Cenderwasih.Net, Amir mengatakan, membuka hotspot itu sejak 2014. Tiap hari pengunjung ramai yang rata-rata anak sekolah dan pemuda.

“Saya jual vocher wi-fi yang satu jam itu Rp15 ribu, dua jam Rp25ribu,kalau empat jam Rp50 ribu, kalau delapan jam itu Rp100 ribu, ya lumayan sehari saya biasa dapat Rp1,5 juta,” katanya.

Selain itu ia juga menyediakan berbagai jenis minuman yang harganya bervariasi. Di antaranya air mineral Aquaria Rp5 ribu dan Aqua Danone Rp8 ribu. (Abeth You)

Sumber :

http://tabloidjubi.com

Komentar