breaking news

Udang Paniai mirip kepiting, nelayan bisa raup uang dari wisatawan

Juli 20th, 2017 | by Humas Paniai
Udang Paniai mirip kepiting, nelayan bisa raup uang dari wisatawan
Ekonomi

PANIAI HUMAS, Enarotali – Selain beragam jenis ikan yang ada di dalam danau Paniai, Papua terdapat juga satu jenis udang yang bentuknya tidak seperti udang pada umumnya.

Demikian dikatakan nelayan udang, Petrus Nawipa (33). Udang yang hidup di Danau Paniai, katanya, mempunyai bentuk fisik yang mirip dengan kepiting di bagian capitnya. Sehingga ketika wisatawan tiba pihaknya mendapatkan uang yang cukup menjanjikan.

“Udang mirip karena capit yang ada pada udang tersebut berukuran besar yang amat mirip dengan capit kepiting, memang udang di Danau Paniai itu jenis udang selingkuh, sehingga saat wisatawan datang ke sini (Paniai) kami biasa dapatkan uang yang besar,” katanya kepada Jubi di Pelabuhan Aikai, Minggu (11/6/2017).

Selain itu, menurut dia, udang yang dikatakan mirip dengan kepiting tersebut dikenal luas oleh wisatawan yang pernah berkunjung ke sana sebagai ‘Udang Selingkuh’.

“Hanya mau lihat dan beli, wisatawan yang datang itu biasa cari kami (nelayan), satu tumpuk biasa Rp100 ribu, jadi sehari kita biasa dapat Rp500 ribu, lumayang untuk kebutuhan pokok rumah tangga,” ujarnya.

Sekretaris Kampung Aikai, Distrik Paniai Timur, Yan Pigai mengatakan, keunikan lainnya yang perlu digali dan diketahui dari danau Paniai terkait dengan hewan-hewan yang hidup di dalam air.

“Sejujurnya, udang dari Danau Paniai biasanya suplai ke kabupaten tetangga, ini soal kebutuhan perekonomian daerah, bagusnya pemerintah tata baik,” ujar Pigai.

Menurutnya udang Danau Paniai enak dan tak hanya dirasakan masyarakat, tapi juga wisatawa yang datang.

Terpisah, Jordani seorang wisata mengatakan, udang di Danau Paniai mirip dengan udang asli sungai Baliem di Wamena.

“Udang Paniai dan Wamena sama, selingkuh,” katanya. (Abeth You)

Sumber :

http://tabloidjubi.com

Komentar