breaking news

Dewan Adat Minta Pemda dan Masyarakat Lestarikan Yameowa

Agustus 25th, 2016 | by Humas Paniai
Dewan Adat Minta Pemda dan Masyarakat Lestarikan Yameowa
Pariwisata

Enarotali, Humas Paniai – Demi meningkatkan nilai-nilai Budaya, Dewan Adat Daerah (DAD) Paniai minta Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Paniai untuk melestarikan Yameowa atau rumah laki-laki.

“Saya pikir ini budaya orang Paniai. Pemda harus melihat Yameowa yang masih ada di kampung-kampung. Ini identitas asli kami,” kata John NR Gobay ketua DAD Paniai, melalui surat eletronik yang di terima redaksi Humas Pemda Paniai, di Enarotali, Paniai, Papua, Kamis (25/8/2016) siang.

Lanjut dia, yameowa merupakan tempat dimana seorang laki-laki Paniai duduk, berkumpul untuk membahas beberapa hal penting yang terjadi di kampung-kampung.

“Yameowa itu tempat perkumpulang laki-laki. Tempat diskusi terkait berbagai masalah dan persoalan yang sedang terjadi,” pungkasnya.

Seharusnya, Pemda dalam hal ini dinas terkait untuk membetuk sebuah tim untuk mengecek kembali nilai-nilai budaya yang ada termasuk rumah laki-laki.

Ia mencontoh, misalnya Dinas Parawisata Kabupaten Paniai, seharusnya dapat membantu bupati untuk meningkatkan visi dan misinya dengan cara melihat tempat-tempat yang dapat dijadikan tempat-tempat rekreasi oleh turis-turis lokal, nasional maupun mancanegara yang ada.

Dirinya juga berharap kepada masyarakat Mee Paniai untuk melihat kembali dan mengenal indentitasnya sendiri. (Misel Gobai)

Komentar